-->

Psikotes Gambar : Contoh Soal Psikotes Gambar + Pembahasan [ Gambar Orang Pohon Wartegg Rumah ]

Penjelasan lanjutan Psikotes Gambar, beserta contoh soal psikotes gambar orang, pohon, rumah, Tes Wartegg dengan  tips lulus tes psikotes gambar.


Caraable.com -- Psikotes Gambar sering digunakan dalam tes psikotes, baik rekrutmen kerja, beasiswa DLL. Tes psikotes gambar tidak serumit soal psikotes lainnya, sahabat hanya perlu menggambar objek yang diminta saja. Penilaian psikotes gambar di dapat dari hasil gambar kalian, setiap gambar memiliki interpretasi yang berbeda-beda. Untuk itu, Caraable akan memberikan contoh soal psikotes gambar dengan pembahasannya, agar sahabat bisa mendapat nilai maksimal dari tes psikotes gambar. Contoh soal dibawah, merupakan contoh soal psikotes gambar yang telah disempurnakan agar menghasilkan interpretasi yang bagus di mata juri penilai hasil psikotes gambar.

Psikotes Gambar memiliki 4 (empat) jenis tes, pertama, psikotes gambar orang. Kedua, psikotes gambar pohon. Ketiga, psikotes gambar rumah. Dan yang terakhir adalah tes Wartegg. Semua tes gambar diatas memiliki tujuan yang sama, yakni menilai kualitas personal, sifat DLL, melalui sebuah gambar. Sehingga hal yang penting untuk menggambar sesuatu yang memiliki interpretasi yang positive.

Bagaimana menentukan objek yang bagus (bersifat positif) dan objek yang interpretasi nya buruk (negatif)?

Sebenarnya untuk menentukan dan menghindari menggambar objek yang memiliki interpretasi negatif dalam tes psikotes gambar cukup mudah. Sahabat hanya harus mengamati contoh soal psikotes gambar yang caraable berikan dibawah, dan meniru sekaligus menggambar apa yang ada di dalam gambar tersebut. Tenang tidak ada penilaian plagiasi dalam psikotes gambar.

Jika masih kurang, sahabat bisa juga melihat pembahasan di setiap contoh soal psikotes gambar. Dari pembahasan contoh soal tersebut, sahabat bisa tahu alasan mengapa objek tersebut memiliki interpretasi positif atau negatif. Dari situ sahabat bisa menyimpulkan jenis objek seperti apa yang harus di gambar dan objek apa yang tidak seharusnya di gambar dalam Tes Psikotes Gambar.

Berikut beberapa poin penting yang sahabat akan temui dalam pembahasan kali ini:


Belajar Psikotes Gambar : Psikotes gambar adalah?


Belajar psikotes gambar harus paham dulu dasar nya terlebih dahulu, baru masuk Tes Psikotes Gambar dan contoh soal nya. Psikotes gambar adalah tes psikotes untuk mengetahui watak, kemampuan terpendam, dan karakteristik personal yang dilihat dari gambar yang dibuat oleh peserta. Tentunya penilaian gambar tidak asal, bahkan orang yang menilai gambar harus mempunyai kualifikasi tertentu. Hal ini lah yang membuat tes psikotes ini susah, dimana pandangan kita tentang gambar yang bagus, belum tentu dinilai baik oleh juri.

Bagaimana penilaian psikotes gambar?

Sebenarnya setiap jenis tes gambar punya klasifikasi penilaian yang berbeda. Penilaian psikotes gambar orang berbeda dengan cara menilai psikotes gambar pohon, apalagi tes Wartegg. Masing-masing memiliki sudut pandang yang berbeda.

Akan susah menjelaskan cara penilaian kalau tidak langsung dengan contoh soal. Maka dari itu bagaimana penilaian tes psikotes gambar orang, pohon dan lainnya akan dijelaskan di bagian pembahasan contoh soal gambar dibawah. Sehingga sahabat lebih mudah memahami penilaian karena langsung ada gambarnya.

Tujuan psikotes gambar ini apa?

Seperti yang caraable sampaikan diatas, ini bukan tentang bagus dan buruknya gambar yang sahabat buat. Jadi sahabat tidak perlu berlatih menggambar dengan bagus, tapi juga tidak salah untuk dilakukan (bukan menjadi hal yang utama). Gambar yang bagus dengan interpretasi yang bagus, akan menambah nilai tambah. Jadi poin pertama, bagus buruknya gambar bukan menjadi tujuan tes psikotes gambar ini, tapi interpretasi dari gambar sahabat.

Poin kedua tentang tujuan tes menggambar ini adalah diri kalian sendiri. Gambar akan digunakan sebagai tes kepribadian untuk melihat sejauh mana sahabat cocok untuk sebuah perusahan atau instasi yang anda lamar.

Back to Content


Psikotes Gambar Pohon


Tes psikotes gambar Pohon / Draw a Tree Test (DAT) pertama kali disebut dengan Tes Baum, yang diambil dari bahasa Jerman yang artinya "pohon". Tes ini menekankan terhadap mengorek/ mencari informasi personal sahabat melalui cara dan hasil gambar yang kita buat. Hal yang harus diperhatikan dalam psikotes  gambar pohon adalah bagaimana kita menggambar sebuah pohon. Karena setiap orang mempunyai bayangan tersendiri tentang jenis dan karakteristik pohon yang ideal menurut mereka.

Bagaimana aturan dalam tes gambar pohon?

Belajar psikotes gambar tidak lengkap kalau tidak dengan aturan tes. Aturan dalam tes psikotes gambar pohon sendiri berbeda dengan yang psikotes gambar lainnya. Jika dalam psikotes gambar orang tidak terlalu memiliki aturan tentang apa yang di gambar, tetapi tes menggambar pohon memiliki beberapa aturan.

Aturan tersebut seperti sahabat hanya boleh menggambar pohon yang berkayu saja. Sedangkan seperti bambu, atau tanaman merambat bukan termasuk kategori pohon dan tidak boleh di gambar dalam tes psikotes gambar pohon. Dan pastikan menggambar sebuah pohon lengkap, mulai dari akar, batang, ranting, daun, dan buah.

Bagaimana menambahkan aksesoris dalam gambar pohon yang dibuat?

Tidak masalah, sahabat boleh menambahkan objek tambahan apapun yang masih berhubungan dengan gambar utama. Misalkan sahabat menambahkan rumput dibawah pohon, ayunan yang diikat di ranting pohon, atau sangkar burung sekalipun tidak masalah. Meskipun diperbolehkan menggambar objek tambahan, ada beberapa objek yang tidak seharusnya digambar, seperti senjata tajam, dan hal yang memiliki interpretasi negatif lainnya.

Adakah tips agar mendapat penilaian maksimal dalam psikotes gambar pohon?

Semua tes psikotes memiliki tips dan trik dalam memaksimalkan penilaian, tidak terkecuali Tes psikotes gambar pohon ini. Caraable akan menyarankan sahabat agar menggambar pohon lengkap dan semua bagian kelihatan, terutama bagian akar.

Banyak orang menggambar akar pohon tidak kelihatan, padahal penting untuk menunjukkan semua bagian (Lihat contoh soal). Selain itu gambar lah pohon yang proporsional di setiap bagian pohon nya. Usahakan untuk menggambar pohon full dengan ukuran kertas yang disediakan, jangan sampai ada space atau ruang kosong. Tapi jangan juga saking besarnya ada  bagian pohon yang terpotong, itu juga tidak baik untuk penilaian.

Waktu menggambar dalam tes psikotes gambar pohon hanya 10 menit saja, selesai atau tidak tetap dikumpulkan. Maka dari itu, hal yang bijak untuk belajar psikotes gambar dan latihan dirumah. Setelah selesai menggambar jangan lupa dikasih deskripsi, jenis pohon dan alasan menggambar pohon tersebut. Tips untuk ini adalah buatlah kata-kata yang bijak tapi tidak terlalu mainstream.

Untuk lebih lengkapnya belajar tentang psikotes gambar pohon, silahkan lihat disini: Tes Psikotes Menggambar Pohon Draw a Tree Test (DAT) dengan Rahasia Penilaian (Recommended)


Contoh Soal Psikotes Gambar Pohon


Psikotes gambar pohon : Contoh soal psikotes gambar pohon


Pembahasan: 
Sahabat cermati dulu gambar pohon diatas, pandangan pertama kalian akan berpendapat itu adalah pohon yang kokoh, kuat dan besar. Gambar Pohon seperti itulah yang seharusnya digambar. Kita bahas satu persatu.

Gambar pohon termasuk dalam kategori lengkap, dari akar, batang, ranting, daun dan buah terlihat secara langsung. Selanjutnya adalah proporsional, semua bagian terlihat proporsional, tidak ada yang terlalu berlebihan dan yang kurang. Lalu ada juga objek tambahan seperti rumput, yang semakin membuat gambar semakin lengkap lagi tanpa mengubah interpretasi gambar utama.

Hal yang paling penting adalah membangun opini seseorang dengan hanya sekali melihat gambar sahabat. Lihat gambar diatas, saya yakin pertama kali melihat gambar diatas, sahabat berpendapat bahwa itu adalah pohon yang kuat dan besar, meskipun tidak ada deskripsi tentang hal tersebut. Bangunlah sudut pandang pelihat sesuai dengan keinginan kalian melalui sebuah gambar.

Tetapi gambar pohon diatas ada yang kurang, dari segi ukuran keluruhan. Gambar Pohon belum dimaksimalkan secara penuh dengan ukuran Kertas. Gambar yang baik dalam psikotes gambar pohon adalah ukurannya yang sesuai dengan ukuran kertasnya. (Bisa memaksimalkan keseluruhan kertas).

Back to Content


Psikotes Gambar Orang


Tes psikotes gambar orang / Draw a Person  (DAP) ini pertama kali disebut dengan sebutan Draw a Man Test, lalu pada perkembangannya, Tes psikotes gambar memperbolehkan menggambar wanita, sehingga diganti naman menjadi Draw a Person Test (DAP). Tujuan dari gambar ini lebih melihat bagaimana anda membayangkan dan menggambar seseorang. Secara tidak sadar, saat kita menggambar orang, kita akan membuat sebagus mungkin dan membuat sesuai dengan bagaimana kita melihat kesempurnaan.

Saat kita dalam tes gambar, kita akan menggambar orang yang menurut kita ideal. Berdasarkan hal tersebut juri akan melihat sudut pandang kita dalam melihat seseorang. Dan secara tidak sadar pula, kita akan menggambar diri kita sendiri lalu disempurnakan, seperti keinginan terpendam kita saat orang lain melihat kita. Dari hal tersebut juri akan tahu lebih lanjut tentang personal kalian.

Adakah tips dalam tes psikotes gambar orang?

Tips dalam mengerjakan psikotes gambar orang adalah jangan sekali-kali mencoba menggambar tokoh fiktif (tokoh kartun DLL). Meskipun kalian bisa menggambar tokoh kartun Spongebob dengan sangat bagus, jangan pernah lakukan hal tersebut. Selain itu gambar lah sesuai gender kalian, dan harus proporsional, jngan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Usahakan menggambar orang sedang beraktivitas dan kelihatan full body, gambar orang beraktivitas memiliki interpretasi dan penilaian yang bagus.

Lalu adakah hal yang harus dihindari dalam psikotes gambar orang?

Hal yang tidak seharusnya digambar adalah gambar orang yang sedang melakukan hal negatif (bertentangan dengan norma dan nilai sosial masyarakat). Jangan menggambar orang dengan memegang benda atau senjata yang berbahaya, akan memberikan citra yang buruk jika dilakukan. Hal terakhir yang bisa Caraable sarankan adalah jangan menggambar dalam tes psikotes gambar orang yang memuat hal yang rasis atau dirasa merugikan salah satu golongan yang diakui di Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya belajar tentang psikotes gambar orang, silahkan lihat disini: Penjelasan dan Contoh Tes Psikotes Menggambar Orang Beraktivitas / Draw a Person (DAP) dengan Rahasia Penilaian (Recommended)


Contoh Soal Psikotes Gambar Orang


Psikotes gambar orang : Contoh soal psikotes gambar orang


Pembahasan: 
Sahabat perhatikan gambar orang diatas terlebih dahulu. Gambar orang diatas merupakan contoh gambar orang yang layak di gambar dalam psikotes gambar orang. Karena orang yang digambar memiliki gender yang jelas, sedang melakukan aktivitas, dan memperlihatkan profesinnya secara langsung. Semua info tersebut didapat, meskipun tidak ada deskripsi tertulis tentang gambar. Hal inilah yang membuat gambar orang diatas cocok dicontoh. Dalam psikotes gambar orang tidak mengenal plagiasi, jadi tidak masalah untuk meniru gambar di Internet. Jika sahabat masih khawatir, sahabat bisa mengganti beberapa aksesoris sesuai keinginan sahabat.

Hal yang penting dalam gambar orang diatas adalah kalian lebih baik menggambar orang yang sedang beraktivitas sesuai dengan profesinnya. Profesin seseorang bisa ditampilkan melalui pakaian atau karakteristik khusus profesi itu sendiri. Jangan menggambar karakteristik yang umum, misal memakai jas, jas adalah barang umum yang bisa dipakai siapa saja dengan profesin apa saja, sehingga belum cukup menjelaskan profesi orang lain.

Lalu pembahasan terakhir dalam gambar diatas adalah proporsional, dari atas sampai bawah ukuran perbandingan nya sama dengan manusia pada umumnya. Misalnya tidak ada beberapa bagian tubuh yang lebih besar/ lebih kecil dari yang seharusnya.

Back to Content


Psikotes Gambar Rumah Pohon dan Orang


Psikotes gambar rumah, pohon dan orang merupakan tes gabungan dari semua tes gambar (kecuali tes Wartegg). Tes ini juga disebut dengan House Tree Person Test (HTP). Meskipun tes ini gabungan dari yang lainnya, tapi memiliki sudut pandang penilaian yang berbeda. Dan tingkat kesulitan dalam jenis tea psikotes gambar ini jauh lebih sulit berkali-kali lipat, karena kita harus menggambar 3 objek sekaligus. Dan setiap objeknya memiliki penilaian seperti diatas.

Penilaian seperti apa dalam Tes psikotes gambar rumah, pohon dan orang?

Jadi, tadi caraable sudah paparkan diatas  tentang psikotes gambar orang dan psikotes gambar pohon. Sedangkan untuk psikotes gambar rumah, lebih menekankan kelengkapan bagian semua bagian rumah, dari atap, pintu, jendela, DLL.

Lalu penilaian dalam satu kesatuannya, sahabat harus menggambar dengan proporsional. Jangan menggambar orang lebih besar dibanding rumahnya, atau rumah lebih kecil dibanding pohon. Intinya semua objek harus diukur dan perbandingannya seperti yang lainnya.

Adakah hal yang harus di hindari dalam tes psikotes gambar rumah, pohon dan orang?

Ada beberapa hal yang perlu sahabat ingat, jangan pernah menggambar orang setengah badan, misal orangnya sedang melihat halaman luar dari jendela. Meskipun tidak masalah, tapi lebih bagus menggambar  dengan semua bagian nya kelihatan. Hal ini juga berlaku untuk gambar pohon dan rumah. Pastikan juga sahabat tidak menggambar barang berbahaya, misal senjata tajam, pistol dan sejenis nya.

Adakah tips lainnya?

Ada, sahabat caraable bisa belajar tentang psikotes gambar rumah, pohon dan orang, silahkan lihat disini: Tes Psikotes Gambar Orang, Rumah, Pohon Psikotes/ House Tree Person Test (HTP) + Rahasia Penilaiannya (Recommended)


Contoh Soal Psikotes Gambar Rumah Pohon dan Orang


Psikotes gambar rumah pohon orang : Contoh soal psikotes gambar rumah pohon orang


Pembahasan: 
Cermati gambar rumah, pohon dan orang diatas dahulu. Semua objek sudah ada, rumah, pohon dan orang. Bahkan ada objek pelengkapnya juga. Gambar orang disini sangat baik menunjukkan seseorang dari atas sampai bawah yang sedang melakukan aktivitas, itu adalah poin plus. Gambar pohon juga bagus, semua bagian terlihat jelas dari akar sampai daun. Gambar rumah juga sangat lengkap, dari jendela, pintu, atap DLL ada semua.

Dari keseluruhan gambar diatas, yang sangat teramat penting adalah proporsional nya semua objek yang diminta. Gambar orang yang tidak terlalu besar dari rumah, gambar pohon tidak terlalu kecil dari gambar orang DLL.

Jika mau dioptimalkan psikotes gambar rumah, pohon dan orang, kalian bisa menggunakan semua tips yang ada dalam dalam psikotes gambar orang dan psikotes gambar pohon. Lalu diaplikasikan ke Tes Psikotes Gambar ini. Atau sahabat bisa mencontoh setiap contoh soal psikotes gambar lalu di satukan menjadi satu gambar.

Back to Content


Tes Wartegg


Tes Wartegg ini cukup berbeda dengan tes psikotes gambar lainnya. Dalam Tes Wartegg ini, sahabat diberikan 8 kotak ruang gambar dengan pola awal yang berbeda-beda. Tes ini memperbolehkan sahabat menggambar apapun asal sesuai pola yang diberikan. Tes ini membutuhkan daya imajinasi yang kuat untuk membuat hal sederhana menjadi sesuatu yang memiliki nilai. Meskipun begitu, seperti psikotes gambar orang, pohon dan rumah, Tes Wartegg ini tidak menekankan bagusnya gambar kalian, tapi lebih melihat sudut pandang sahabat dalam melihat sesuatu.

Apakah saya boleh menggambar sesuka saya?

Boleh, asalkan masih mengikuti pola dasar yang diberikan dan tidak terlalu dipaksa, misalnya pola dasarnya garis lurus, dan mau dibentuk lingkaran, maka itu tidak boleh. Harus keliatan seperti pola dasar memang bagian dari gambar yang akan sahabat buat.

Lalu apa saja pola dasar dalam tes Wartegg ini?

Tes Wartegg umumnya memiliki 8 kotak yang harus digambar, dan masing-masing memiliki pola dasar yang berbeda-beda. Sehingga sudah barang pasti pola dasarnya ada 8 juga, berikut 8 pola dasar:

  1. Titik tengah kecil warna hitam
  2. Garis gelombang, 
  3. 3 garis sejajar yang tingginya berbeda, 
  4. Sebuah kotak kecil warna hitam
  5. 2 Garis lurus berbeda arah
  6. 2 Garis lurus, satu vertikal, satu horizontal
  7. Titik-titik membentuk setengah lingkaran
  8. Garis lengkung, mirip bulan sabit

Note:
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh soal Tes Wartegg di bagian bawah.


Lalu adakah tips dalam mengerjakan Tes Wartegg?

Gambar dalam Tes Wartegg harus dibuat senatural mungkin, tidak boleh terlihat seperti terlalu dipaksa. Sahabat juga harus pastikan bahwa gambar yang dibuat dari pola dasar bukan gambar dari barang yang berbahaya dan memiliki interpretasi negatif. Dan tips yang paling penting, jangan menggambar 8 kotak secara berurutan, pastikan acak.

Berdasarkan yang Caraable pernah baca, untuk memaksimalkan nilai dari Tes Wartegg harus membuat gambar secara tidak berurutan sesuai dengan dengan urutan aslinya. Dan hal yang bagus jika setiap gambar di kotak memiliki hubungan satu sama lain.

Adakah hal lainnya yang perlu diketahui?

Ada, untuk lebih  lengkapnya belajar tentang psikotes gambar orang, silahkan lihat disini: Penjelasan  Tes Wartegg dengan Contoh Soal Wartegg Test dan Pembahasan (Recommended)


Contoh Soal Psikotes Tes Wartegg


Gambar Awal dengan pola dasar

Tes wartegg : Contoh soal psikotes tes wartegg

Contoh gamabar tes wartegg yang dibuat dari pola dasar diatas

Contoh gambar tes wartegg, contoh gambar psikotes menggambar 8 kotak

Pembahasan: 

Sahabat perhatikan terlebih dahulu gambar diatas, baik dari pola dasar yang diberikan sampai menjadi sebuah gambar yang memiliki nilai. Dari semua gambar di 8 kotak, tidak ada satupun gambar yang menunjukkan hal yang negatif atau alat yang berbahaya baik untu manusia atau alam. Dan bisa dilihat beberapa gambar memiliki hubungan dalam satu kategori yakni bahan-bahan yang mudah ditemui di rumah.

Pembahasan lainnya adalah ada gambar yang menunjukkan nilai yang positif seperti "gambar piala". Gambar seperti itu sangat layak dan disarankan untuk digambar di beberapa kotak yang ada dalam Tes Wartegg. Intinya jika sahabat tidak menemukan gambar yang memiliki interpretasi yang sangat positif gambar lah barang yang netral, tidak positif dan juga tidak negatif.

Back to Content


Psikotes Menggambar 8 Kotak 


Banyak orang yang salah menilai psikotes menggambar 8 kotak, mereka menganggap bahwa tes ini adalah jenis lain dari psikotes gambar. Pada kenyataannya, psikotes menggambar 8 kotak adalah sebutan lain dari Tes Wartegg (Tes Wartegg sudah dijelaskan diatas). Disebut sebagai menggambar 8 kotak karena memang dalam Tes Wartegg mengharuskan sahabat menggambar di 8 kotak dengan pola dasar yang telah ditentukan.

Pola dasarnya seperti ini:
  1. Titik tengah kecil warna hitam
  2. Garis gelombang,
  3. 3 garis sejajar yang tingginya berbeda,
  4. Sebuah kotak kecil warna hitam
  5. 2 Garis lurus berbeda arah
  6. 2 Garis lurus, satu vertikal, satu horizontal
  7. Titik-titik membentuk setengah lingkaran
  8. Garis lengkung, mirip bulan sabit

Sahabat bisa mempelajari Psikotes menggambar 8 kotak di bagian Tes Wartegg (diatas) lengkap dengan contoh soal Tes Wartegg. Atau sahabat bisa belajar psikotes gambar Tes Wartegg di postingan sebelumnya yang lebih lengkap lagi di :  Penjelasan  Tes Wartegg dengan Contoh Soal Wartegg Test dan Pembahasan (Recommended)

Back to Content


Soal Psikotes pdf 


Untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, maka sudah barang wajib untuk belajar materi psikotes dan latihan soal Psikotes. Dalam Tes psikotes gambar, sahabat tinggal menggambar di Kertas A4 untuk latihan nya. Tetapi untuk soal pilihan ganda  psikotes lainnya, bisa di download contoh soal psikotes disini:

  1. 100+ Latihan Soal Tes Wawasan Kebangsaan  (File Available)
  2. 150++ Soal Tes Intelegensi Umum PDF (File Available)
  3. Download Contoh Soal Tes Karakteristik Pribadi dan Pembahasannya .pdf (File Available)

Note: Soal Psikotes berupa file pdf beserta kunci jawabannya.

Untuk belajar materi psikotes dan contoh soal psikotes lainnya bisa dibuka disini: Master Guide Psikotes, setelah itu pilih materi psikotes mana yang ingin dipelajari.

Itu adalah semua yang bisa kalian pelajari untuk Psikotes Gambar, baik dalam tes psikotes gambar pohon, gambar rumah atau gambar orang. Contoh soal diatas diharapkan dapat membantu lebih sahabat semua dalam mempelajari lebih lanjut psikotes gambar ini. Doa terbaik untuk kita semua.


Salam,
Caraable.


Back to Content


Note:
Jika sahabat memiliki pertanyaan seputar Psikotes Gambar : Contoh Soal Psikotes Gambar + Pembahasan, baik dari psikotes Gambar Orang, psikotes gambar Pohon, Tes Wartegg, psikotea gambar Rumah bisa ditanyakan di kolom komentar dibawah. Atau jika sahabat memiliki request tambahan dalam contoh soal psikotes gambar dan pembahasannya bisa hubungi Caraable melalui laman komentar juga.
Seorang blogger yang ingin melatih kemampuan menulis dengan cara berbagi manfaat dan pengalaman.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Psikotes Gambar : Contoh Soal Psikotes Gambar + Pembahasan [ Gambar Orang Pohon Wartegg Rumah ]"

  1. Coin Casino Canada Review | Games and Bonuses
    Coin Casino is a หาเงินออนไลน์ new online casino launched back in 2019 인카지노 with a welcome bonus up to ₹750. You can choose from any selection of casino games.Casino Type: Slots, Live 카지노사이트 Games, Jackpots, Mobile Casino: 888sportDeposit Methods: Skrill + more

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel